PENGENALAN MICROSCOF WORLD
1.1 Pengertian Microsoft Word
Microsoft
Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di
gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain
sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer
terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru,
pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang
aktifitasnya.
Dalam
perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu
keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di
antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office
2013.
1.2 Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word
Adapun
fungsi dan kegunaan microsoft word itu
sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi
seperti pengertian di atas Ms word memang
di khususkan untuk pengolahan kata. ms
word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan
pekerjaan terkait kata/teks/document/surat-menyurat
dan lainya.
Dengan
semakin canggihnya tool microsoft word,
fungsi dari ms word pun tidak
hanya terbatas pada pengolahan kata. Tabel dala word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomplit di ms excel.
Dalam
ms word baru misal seperti pada ms word 2010 dan 2013 ada tool baru untuk
convert ke dalam file media lain, misal ; convert dari file word ke PDF, atau
program lain. dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa rekan manfaatkan dari
ms word. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang bisa rekan temukan dalam
ms word.
1.3 Manfaat Microsoft word
A.
Memudahkan Menyelesaikan Pekerjaan
Dengan
aplikasi ms word kita sangat terbantu untuk menuntaskan semua pekerjaan
tidak bisa dibantah lagi. mulai dari sekedar iseng nulis, hitung tabel, sampai
membuat gambar bisa kita lakukan di Ms. Contoh kecil saja, di ms word kita bisa
membuat garis dengan beraneka ragam pilihan hanya dengan 1 atau 2 kali klick
mouse. Bayangkan bagaimana susahnya kalau anda harus menggunakan penggaris.
Pekerjaan anda bisa lama sekali selesainya.
B. Menghemat Waktu
Sudah
jelas sekali dengan adanya komputer dalam kasus ini program ms word bisa
menghemat waktu. Bayangkan saja jika anda ingin mencetak undangan yang sama
dalam jumlah banyak dengan hanya menggunakan mesin ketik. Bisa berhari-hari
selesainya. Kalu dengan ms word kita bisa menggunakan copy paste atau mail
merge untuk membuat surat massal.
C. Menghemat Kertas
Karena
microsoft bisa diedit jika terjadi kesalahan, hal ini bisa sangat
menghemat konsumsi kertas. Hemat kertas berarti juga hemat penebangan hutan
pulp kertas yang berarti pula mengurangi penebangan hutan dan membantu mencegah
global warming. kalau hal ini saya yakin rekan2 udah pada tahu kan dan masih
banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh dari ms word.
Secara
default tampil area kerja MS word 2007 terdiri dari :
- Title bar berisi file yang sedang dikerjakan, serta tombol untuk menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, yaitu Minimize, Maximize/Restore, dan close
- Office bottom berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen baru (New) membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan menutup dokumen (Close)
- Quick Acces Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan.
- Menu Tab berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai dengan kategorinya. Contoh pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan editing.
- Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari menu tab
- Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakan secara horizontal, yaitu diatas dokumen dan secara vertical yaitu disebelah kiri dokumen.
- Navigasi adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang di tampilkan antara lain :
·
Page : menampilkan informasi halaman
·
Words : menampilkan jumlah halaman,
kata, huruf, (tanpa spasi ), huruf (dengan spasi), paragraph, dan baris
- View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain :
·
Print Layout memberikan tampilan sesuai
hasil yang akan diterima pada saat dicetak
·
Full Screen Reading memberikan tampilan
halaman penuh
·
Web Layout memberikan tampilan sesuai
hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser
·
Outline memberikan tampilan sesuai
heading didalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen
·
Draft memberikan tampilan yang
berkelanjutan, tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik
·
Zoom untuk memperbesar atau memperkecil
ukuran tampilan dokumen
Selain default tampil ms office word
2007, kita juga dapat mengukur tampilan sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut
ada beberapa pengaturan tampilan ms word 2007 yang sering digunakan :
1.
Mengatur Teks Boundaries
Klik tombol Office Button - Klik tombol - Word Option - Kotak dialog –
advanced – pada show document contect pilih show text boundaries – Ok
2. Mengubah Text Boundaries
Klik tombol - Office Button - Klik
tombol - Word Option - Kotak dialog - Word Option – ditampilkan – Klik Advanced
yang terletak di sebelah kiri kotak dialog Word Option - Klik kotak Show text
boundaries di bagian Show document content sehingga kotak tersebut diberi tanda
centang (P). Klik tombol – OK
Pengatur Dokumen dan Mengedit Teks
1. Memilih ukuran kertas, orientasi
dokumen dan margins
Pengaturan awal yaitu pengaturann
ukuran margins. Adapun langkah-langkah nya yaitu:
a. Bukalah tab page layout
b. Kemudian pada ribbon page setup klik
tanda panah di pojok kanan bawah

Setelah muncul kotak dialog pege setup pilih tab margins.
Lalu tentukan atas (top), bawah (bottom), kiri (left) dan kanan ( right).

Selanjutnya tentukan ukuran kertas yang
akan digunakan dengan memilih tab paper lalu pilih paper saze. Jika ukuran
kertas yang anda inginkan tidak ada maka pilih costum size lalu isi width dan
height sesuai ukuran kertas yang anda inginkan.
Setelah semua diatur sesuai keinginan
klik ok
Mengedit Teks
- Pengaturan ukuran, jenis, dan warna teks
a. Cara
mengganti jenis font
- Bukalah file dokumen yang ingin dimodifikasi
- Lalu silahkan blok tulisan atau teks yang ingin anda rubah jenis fontnya
Blok
tulisan yang akan di rubah
- Arahkan kursor ke tab Home → Font → dan perhatikan tanda panah, klik bagian yang ditunjuk panah. Maka akan muncul barisan font ke bawah yang jumlahnya cukup banyak. Dan ini adalah font bawaan dari operating system Microsoft Windows. Anda sebenarnya juga bisa menambahkan font lain diluar dari font defaultnya.
Cari
jenis font
- Silahkan scroll ke bawah, cari font sesuka hati anda. Jika sudah klik font yang sudah anda pilih. Sebagai contoh saya memilih font “Rockwell”.
Pilih
jenis font/huruf
- Dan berikut ini adalah hasil dari perubahan font yang saya lakukan.
Hasil
font yang sudah berubah
# Cara Mengganti Ukuran Font
- Blok teks yang ingin anda rubah ukuran fontnya.
Blok
semua tulisan dengan cara Ctrl+A
- Arahkan kursor ke tab Home → Font → kemudian klik pada bagian yang ditunjuk oleh panah. Silahkan pilih ukuran font sesuai keinginan. Sebagai contoh saya memilih ukuran font 12 dari yang sebelumnya 11.
Pilih
ukuran/size
- Dan ini adalah teks yang ukurannya diganti.
Hasil
ukuran font yang sudah berubah
# Cara Mengganti Warna Font
- Blok pada teks yang fontnya ingin diganti warna lain.
Blok
ketikan yang akan dirubah
- Menu Home → Font → dan perhatikan pada huruf A atau bagian yang ditunjuk panah. Silahkan klik saja untuk memunculkan pilihan warna-warna. Pilih warna sesuai keinginan dan klik warna tersebut.
pilih
warna sesuai keinginan
- ini adalah hasilnya
warna
font yang sudah di ganti
Cara
mengatur jarak baris atau spasi
Dalam microsoft word kita bisa mengatur jarak baris atau
spasi baris di setiap paragrafnya, biasanya cara ini di perlukan untuk dalam
pembuatan dokumen-dokumen resmi semisal tugas makalah, tugas akhir, penyusunan
anggaran, dan berbabagai keperluan lainnya yang masih ada kaitannya dengan teks
dokument.
Untuk
mengatur jarak baris / spasi baris dalam microsoft word, bisa di lakukan dengan beberapa
cara yang akan di jelaskan pada penjelasan berikut ini
Cara pertama
Cara pertama
-
Silahkan buka lembar kerja microsoft word dan ketikkan beberapa teks kalimat
yang di inginkan dan jika sudah, selajutnya block beberapa paragraf teks
yang akan di atur spasi barisnya atau bisa juga menyeksi semua teksnya secara
langsung dengan menclick CTRL+A secara bersamaan. pada tab Home pilih Paragraph
dialog blog pada ribbon.
-
Pada kotak dialog yang muncul, Klik tab indents and spacing , kemudian
tentukan lebar spasi yang di inginkan untuk ukuran standart bisanya 1,5 lines
pada line spacing. selain itu temen-temen juga bisa mengatur before dan
afternya yang merupakan jarak antar paragraf, tapi jika ingin normal maka cukup
kosongkan atau 0 pada before dan afternya. Kemudian klik tombol OK dan
silahkan perhatikan hasilnya.
carakedua
- Block semua teks yang ingin di atur jarak barisnya dengan mengklick tombol (CTRL+A) secara bersamaan, selanjutnya klik kanan pada mouse dan pilih paragraf. maka akan muncul paragraf option seperti cara pertama.
- Untuk pengaturan nya sama dengan cara pertama, jadi saya tidak perlu menulis ulang lagi.
Cara menambahkan smartart
Untuk menggambar
struktur organisasi dengan smart art di Microsoft word 2007 anda dapat
menggunakan langkah berikut.
- Letakan kursor teks pada tempat atau posisi struktur organanisasi akan disisipkan.
- Klik menu ribbon Insert
- Kemudian klik tombol Smart Art yang ada pada grup Illustrations.

- Selanjutnya anda akan diberikan dialog Choose a SmartArt Graphic
- Pada panel sebelah kiri pilih item Hierarchy
- Pada panel tengah pilih salah satu bentuk struktur organisasi yang akan anda buat.
- Pada panel bagian kanan anda akan melihat preview dan keterangan bentuk struktur organisasi tersebut.
- Klik tombol OK untuk menyisipkan SmartArt ke dalam dokumen anda.

- Selanjutnya edit dan ketikan jabatan yang ada dalam struktur organisasi pada SmartArt yang baru anda sisipkan
- Anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan gambar struktur organisasi dengan melakukan drag terhadap pada titik-titik sudut gambar SmartArt.

Cara
memasukan di dalam ms word sudah terdapat
fasilitas berbagai macam simbol yang memudahkan kita sebagai pengguna dalam
mengetik. langkah pertama yang dilakukan adalah :
klik
menu insert yang ada di menu bagian atas seperti gambar di bawah
ini :
kemudian
klik tombol simbol seperti gambar di bawah ini :
langkah
selanjutnya klik tombol more simbol yang terletak dibawah sendiri seperti
gambar di bawah ini :
setelah
itu akan muncul menu seperti gambar dibawah ini :
kemudian
kita cari simbol yang kita cari dan akan kita masukkan dengan cara mengeklik
simbol tersebut dan kemudian klik tombol insert seperti gambar
dibawah ini :

setelah itu klik tombol close yang terletak di bawah / disamping tombol insert yang seperti gambar di bawah ini :

setelah itu klik tombol close yang terletak di bawah / disamping tombol insert yang seperti gambar di bawah ini :
sebagai
contoh saya memilih simbol pecahan setengah, maka hasilnya akan keluar simbol
seperti di bawah ini :
Cara
membuat rumus matematika
Kita akan membuat contoh rumus
dibawah ini:

Langkah
1
pilih Menu Insert
> Equation. Lihat caranya berikut:

Langkah
ke 2
Pilih Large Operator
> Summation.
Pilih Bracket
> Brackets.

Pilih Fraction
> Stacked Fraction.

Pilih Bracket
> Stack Object.

Pilih Script
> Subscript-Superscript.


Pilih Radical
> Square Root.

Untuk membuat pangkat didalam
akar caranya blok terlebih dahulu yang akan di pangkat, baru pilih Script
> Superscript.

Pilih Radical
> Cubic Root.

Langkah 3
Setelah semua rumus di insert,
langkah selanjutnya yaitu mengetikkan angkanya dibagian yang belum terisi.
Lihat gambar dibawah:

Langkah-langkah
membuat grafik
- Jalankan aplikasi Microsoft Office → Microsoft Word.
- Pilih Insert → Chart kemudian pilih Chart yang diinginkan seperti dibawah ini :


Kemudian tekan OK, sehingga akan muncul dua jendela
seperti di bawah ini:
Jendela 1 adalah Jendela Word 2007 dan Jendela 2 adalah
Jendela Excel 2007
Untuk melakukan perubahan pada grafik, ubahlah data yang
sudah ada pada jendela Excel. Grafik akan berubah mengikuti data yang
dimasukkan
Ke dalam excel
Untuk merubah category menjadi bulan atau tahun,
kembali ke jendela Excel hapus tulisan category dan ganti menjadi bulan
atau tahun yang diinginkan.
Untuk merubah keterangan dari grafik, kembali ke jendela
Excel dan hapus tulisan series, ganti keterangan sesuai yang dibutuhkan.
Komentar
Posting Komentar