PENGENALAN MICROSCOF WORLD



1.1       Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya.
Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013.

1.2       Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word
Adapun fungsi dan kegunaan microsoft word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/document/surat-menyurat dan lainya. 
Dengan semakin canggihnya tool microsoft word, fungsi dari ms word pun  tidak hanya terbatas  pada pengolahan kata. Tabel dala word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomplit di ms excel. 
Dalam ms word baru misal seperti pada ms word 2010 dan 2013 ada tool baru untuk convert ke dalam file media lain, misal ; convert dari file word ke PDF, atau program lain. dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa rekan manfaatkan dari ms word. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang bisa rekan temukan dalam ms word.

1.3       Manfaat Microsoft word
A. Memudahkan Menyelesaikan Pekerjaan
Dengan aplikasi ms word kita sangat terbantu untuk menuntaskan  semua pekerjaan tidak bisa dibantah lagi. mulai dari sekedar iseng nulis, hitung tabel, sampai membuat gambar bisa kita lakukan di Ms. Contoh kecil saja, di ms word kita bisa membuat garis dengan beraneka ragam pilihan hanya dengan 1 atau 2 kali klick mouse. Bayangkan bagaimana susahnya kalau anda harus menggunakan penggaris. Pekerjaan anda bisa lama sekali selesainya.

B. Menghemat Waktu
Sudah jelas sekali dengan adanya komputer dalam kasus ini program ms word bisa menghemat waktu. Bayangkan saja jika anda ingin mencetak undangan yang sama dalam jumlah banyak dengan hanya menggunakan mesin ketik. Bisa berhari-hari selesainya. Kalu dengan ms word kita bisa menggunakan copy paste atau mail merge untuk membuat surat massal.

C. Menghemat Kertas
Karena microsoft bisa diedit jika terjadi kesalahan,  hal ini bisa sangat menghemat konsumsi kertas. Hemat kertas berarti juga hemat penebangan hutan pulp kertas yang berarti pula mengurangi penebangan hutan dan membantu mencegah global warming. kalau hal ini saya yakin rekan2 udah pada tahu kan dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh dari ms word.





Secara default tampil area kerja MS word 2007 terdiri dari :
  1. Title bar berisi file yang sedang dikerjakan, serta tombol untuk menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, yaitu Minimize, Maximize/Restore, dan close
  2. Office bottom berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen baru (New) membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan menutup dokumen (Close)
  3. Quick Acces Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan.
  4. Menu Tab berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai dengan kategorinya. Contoh pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan editing.
  5. Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari menu tab
  6. Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakan secara horizontal, yaitu diatas dokumen dan secara vertical yaitu disebelah kiri dokumen.
  7. Navigasi adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang di tampilkan antara lain :
·         Page : menampilkan informasi halaman
·         Words : menampilkan jumlah halaman, kata, huruf, (tanpa spasi ), huruf (dengan spasi), paragraph, dan baris
  1. View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain :
·         Print Layout memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak
·         Full Screen Reading memberikan tampilan halaman penuh
·         Web Layout memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser
·         Outline memberikan tampilan sesuai heading didalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen
·         Draft memberikan tampilan yang berkelanjutan, tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik
·         Zoom untuk memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dokumen
Selain default tampil ms office word 2007, kita juga dapat mengukur tampilan sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut ada beberapa pengaturan tampilan ms word 2007 yang sering digunakan :
1.      Mengatur Teks Boundaries
Klik tombol Office Button -  Klik tombol - Word Option - Kotak dialog – advanced – pada show document contect pilih show text boundaries – Ok
2.      Mengubah Text Boundaries
Klik tombol - Office Button - Klik tombol - Word Option - Kotak dialog - Word Option – ditampilkan – Klik Advanced yang terletak di sebelah kiri kotak dialog Word Option - Klik kotak Show text boundaries di bagian Show document content sehingga kotak tersebut diberi tanda centang (P). Klik tombol – OK

Pengatur Dokumen dan Mengedit Teks
1.      Memilih ukuran kertas, orientasi dokumen dan margins
Pengaturan awal yaitu pengaturann ukuran margins. Adapun langkah-langkah nya yaitu:
a.       Bukalah tab page layout
b.      Kemudian pada ribbon page setup klik tanda panah di pojok kanan bawah


Setelah muncul kotak dialog pege setup pilih tab margins. Lalu tentukan atas (top), bawah (bottom), kiri (left) dan kanan ( right).



Selanjutnya tentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih tab paper lalu pilih paper saze. Jika ukuran kertas yang anda inginkan tidak ada maka pilih costum size lalu isi width dan height sesuai ukuran kertas yang anda inginkan.
Setelah semua diatur sesuai keinginan klik ok

Mengedit Teks
  1. Pengaturan ukuran, jenis, dan warna teks
a.       Cara mengganti jenis font
  • Bukalah file dokumen yang ingin dimodifikasi
  • Lalu silahkan blok tulisan atau teks yang ingin anda rubah jenis fontnya
Cara Mengatur Jenis Ukuran dan Warna Font
Blok tulisan yang akan di rubah
  • Arahkan kursor ke tab Home → Font → dan perhatikan tanda panah, klik bagian yang ditunjuk panah. Maka akan muncul barisan font ke bawah yang jumlahnya cukup banyak. Dan ini adalah font bawaan dari operating system Microsoft Windows. Anda sebenarnya juga bisa menambahkan font lain diluar dari font defaultnya.
Mengatur Jenis Ukuran dan Warna Font
Cari jenis font
  • Silahkan scroll ke bawah, cari font sesuka hati anda. Jika sudah klik font yang sudah anda pilih. Sebagai contoh saya memilih font “Rockwell”.
Mengatur Jenis Ukuran Font Di Word
Pilih jenis font/huruf
  • Dan berikut ini adalah hasil dari perubahan font yang saya lakukan.
Mengatur-Ukuran-Font-di-Word
Hasil font yang sudah berubah
# Cara Mengganti Ukuran Font
  • Blok teks yang ingin anda rubah ukuran fontnya.
Cara-Mengganti-Ukuran-Font
Blok semua tulisan dengan cara Ctrl+A
  • Arahkan kursor ke tab Home → Font → kemudian klik pada bagian yang ditunjuk oleh panah. Silahkan pilih ukuran font sesuai keinginan. Sebagai contoh saya memilih ukuran font 12 dari yang sebelumnya 11.
Cara-Merubah-Ukuran-Font
Pilih ukuran/size
  • Dan ini adalah teks yang ukurannya diganti.
Cara Mengganti Ukuran Font
Hasil ukuran font yang sudah berubah
# Cara Mengganti Warna Font
  • Blok pada teks yang fontnya ingin diganti warna lain.
Cara-Mengganti-Ukuran-Font
Blok ketikan yang akan dirubah
  • Menu Home → Font → dan perhatikan pada huruf A atau bagian yang ditunjuk panah. Silahkan klik saja untuk memunculkan pilihan warna-warna. Pilih warna sesuai keinginan dan klik warna tersebut.
Cara-Mengganti-Warna-Font
pilih warna sesuai keinginan
  • ini adalah hasilnya
Mengganti-Warna-Font
warna font yang sudah di ganti







Cara mengatur jarak baris atau spasi
Dalam microsoft word kita bisa mengatur jarak baris atau spasi baris di setiap paragrafnya, biasanya cara ini di perlukan untuk dalam pembuatan dokumen-dokumen resmi semisal tugas makalah, tugas akhir, penyusunan anggaran, dan berbabagai keperluan lainnya yang masih ada kaitannya dengan teks dokument.
Untuk mengatur jarak baris / spasi baris dalam microsoft word, bisa di lakukan dengan beberapa cara yang akan di jelaskan pada penjelasan berikut ini
Cara pertama 
- Silahkan buka lembar kerja microsoft word dan ketikkan beberapa teks kalimat yang di inginkan dan jika sudah, selajutnya block beberapa paragraf teks yang akan di atur spasi barisnya atau bisa juga menyeksi semua teksnya secara langsung dengan menclick CTRL+A secara bersamaan. pada tab Home pilih Paragraph dialog blog pada ribbon.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJiwbbp8H4WbLpvyvRuKM7hNlIydipjrydI7o_jpYt6M8i7JdgnF1dTRkVtDRnCr7WWeNN5hfawW0SLSpY_mQepOdHBA6vtyW909xvzsF13GxjaNp5xW7BeRksfQwNRAjg6dDeEYOZUqo/s400/arti+word.png

- Pada kotak dialog yang muncul, Klik tab  indents and spacing , kemudian tentukan lebar spasi yang di inginkan untuk ukuran standart bisanya 1,5 lines pada line spacing. selain itu temen-temen juga bisa mengatur before dan afternya yang merupakan jarak antar paragraf, tapi jika ingin normal maka cukup kosongkan atau 0 pada before dan afternya. Kemudian klik tombol OK dan silahkan perhatikan hasilnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBZYKJnbSH6eD63eZed4AvATv7Mx2iXBMRe_Xxdfb4OoWlmGwNue3s4Xju6JAho3C_EPaNJRE8x9Cna_pY8JnoYERHrYlswSRy3ZlN2-Bl4XDGX09FbKZMcTb-RxVlAABFO_ScwXfprUM/s1600/mengatur+jarak+baris+di+word.png


carakedua
- Block semua teks yang ingin di atur jarak barisnya dengan mengklick tombol (CTRL+A) secara bersamaan, selanjutnya klik kanan pada mouse dan pilih paragraf. maka akan muncul paragraf option seperti cara pertama.
- Untuk pengaturan nya sama dengan cara pertama, jadi saya tidak perlu menulis ulang lagi.



Cara menambahkan smartart
Untuk menggambar struktur organisasi dengan smart art di Microsoft word 2007 anda dapat menggunakan langkah berikut.
  1. Letakan kursor teks pada tempat atau posisi struktur organanisasi akan disisipkan.
  2. Klik menu ribbon Insert
  3. Kemudian klik tombol Smart Art yang ada pada grup Illustrations.
Gambar: Cara mengakses tombol smart art di Microsoft Word 2007
  1. Selanjutnya anda akan diberikan dialog Choose a SmartArt Graphic
  2. Pada panel sebelah kiri pilih item Hierarchy
  3. Pada panel tengah pilih salah satu bentuk struktur organisasi yang akan anda buat.
  4. Pada panel bagian kanan anda akan melihat preview dan keterangan bentuk struktur organisasi tersebut.
  5. Klik tombol OK untuk menyisipkan SmartArt ke dalam dokumen anda.
Gambar: Cara memilih smart art hirarki untuk membuat struktur organisasi di Microsoft Word 2007
  1. Selanjutnya edit dan ketikan jabatan yang ada dalam struktur organisasi pada SmartArt yang baru anda sisipkan
  2. Anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan gambar struktur organisasi dengan melakukan drag terhadap pada titik-titik sudut gambar SmartArt.
Gambar: Contoh hasil pembuatan struktur organisasi menggunakan Smart Art  di Microsoft Word 2007


Cara memasukan di dalam ms word sudah terdapat fasilitas berbagai macam simbol yang memudahkan kita sebagai pengguna dalam mengetik. langkah pertama yang dilakukan adalah :
klik menu insert yang ada di menu bagian atas seperti gambar di bawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS2jEBSJN-qLakxdwrCOtZi8DdQwyDn1mSr3A1aihon6oEykBpjCD-DPbkV_NZVixBt9Gd19W60sF1ns3cwT75Q_HH0yJkD0mfpfbKR1VjzqDD3OjmK3mm0nP_48PJxMpOokmNxm8I0NYm/s640/cara+memasukkan+simbol++insert+simbol+di+ms+word+2007.png
 kemudian klik tombol simbol seperti gambar di bawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS1SkhPCEneiRRxoDH7guAXTsFVVrlP325zG0qSfsNX5_co15kwudS2JTJQY00_256ezO1r9ZZtSm8GtDcC36zbaL3WaG17Ul0CB3OYCj45gZ8YU9czyVMdmtlDNDlqFTWZdUUWWwF6VaO/s640/cara+memasukkan+simbol+di+ms+word+2007+1.png
 langkah selanjutnya klik tombol more simbol yang terletak dibawah sendiri seperti gambar di bawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEa_H_nNID0a-Z828msIdA3x0IhR9mxlVoQ3R50mOcL-3jLQTrgUTzE-VtfZUbfgnSIRpBRCJQUihKlSLTNFay9lPVvMUux0EQB1Ls96q905_LReJojAgb89QlpFjZJVdmoKGEn6ajI3AY/s640/cara+memasukkan+simbol+di+ms+word+2007+2.png
 setelah itu akan muncul menu seperti gambar dibawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglwB4aFxBbD_FGDGPXCFCYJO38MX11MFmAoCqePRyyisu2nWNecRHqz8T8aaSYdrbsu47sG0Q9g3q4PY5DVNWtvphqgKtv9HTvWULygCeJ6UcUKrX6f-p_wqbM-wpxlrBre3qC_EvEwh60/s640/cara+memasukkan+simbol+di+ms+word+2007+3.png
 kemudian kita cari simbol yang kita cari dan akan kita masukkan dengan cara mengeklik simbol tersebut dan kemudian klik tombol insert seperti gambar dibawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-dhvqSaeXfY9Gw0ZtfaomTkx4dF7XoubKSPUGivCmYTzYJiN8wHTyw8ufe024jC2gUnNbo9NpJIJuLhPIr1_OasC-8N-AUtWFuBdh3Ja9HxlR4W1a72EKWuMApGrwj2DlsOS0q31luL-O/s640/cara+memasukkan+simbol+di+ms+word+2007+4.png
setelah itu klik tombol close yang terletak di bawah / disamping tombol insert yang seperti gambar di bawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-X_6D6XHovP18B_QTG8AiyVG9NI-cJOsES082sUE2ES5kY7KUDnlqJdgupQ0u373EOgfRUvuTJ1sUIpCiF6oQ8ZFE5dD7QoMhLyeVWHjK1W_nWdQNEdaOQrJN1JEnsL3E_m0xBLfIY0JC/s640/cara+memasukkan+simbol+di+ms+word+2007+5.png
sebagai contoh saya memilih simbol pecahan setengah, maka hasilnya akan keluar simbol seperti di bawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJq3zi6ugYPablJY3O5HEJik6iSIRuJaSqImbH_KzhsQy_qxOF_Qm2nEqVOqEfvbXEJFbWlby_vhnZnkHMDlWVVN2ImO3Xr3LDKyWQ3LyfjAGXAUgSMI_Z4K4n6ljM5th8wOVQpGevhqkN/s640/cara+memasukkan+simbol+di+ms+word+2007+6.png




Cara membuat rumus matematika
Kita akan membuat contoh rumus dibawah ini:
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk.png
Langkah 1
pilih Menu Insert > Equation. Lihat caranya berikut:
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk3.png
Langkah ke 2
Pilih Large Operator > Summation.

Pilih Bracket > Brackets.
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk51.png
Pilih Fraction > Stacked Fraction.
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk61.png
Pilih Bracket > Stack Object.
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk7.png
Pilih Script > Subscript-Superscript.
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk4.png
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk10.png
Pilih Radical > Square Root.
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk9.png
Untuk membuat pangkat didalam akar caranya blok terlebih dahulu yang akan di pangkat, baru pilih Script > Superscript.
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk101.png
Pilih Radical > Cubic Root.
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk11.png

Langkah 3

Setelah semua rumus di insert, langkah selanjutnya yaitu mengetikkan angkanya dibagian yang belum terisi. Lihat gambar dibawah:
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2012/05/rumus-mtk12.png

Langkah-langkah membuat grafik
  1. Jalankan aplikasi Microsoft Office → Microsoft Word.
  2. Pilih Insert → Chart kemudian pilih Chart yang diinginkan seperti dibawah ini :
Langkah 2a
Langkah 2b
Kemudian tekan OK, sehingga akan muncul dua jendela seperti di bawah ini:
Langkah 2c
Jendela 1 adalah Jendela Word 2007 dan Jendela 2 adalah Jendela Excel 2007
Untuk melakukan perubahan pada grafik, ubahlah data yang sudah ada pada jendela Excel. Grafik akan berubah mengikuti data yang dimasukkan
Ke dalam excel
Langkah 3
Untuk merubah category menjadi bulan atau tahun, kembali ke jendela Excel hapus tulisan category dan ganti menjadi bulan atau tahun yang diinginkan.
Langkah 4
Untuk merubah keterangan dari grafik, kembali ke jendela Excel dan hapus tulisan series, ganti keterangan sesuai yang dibutuhkan.
Langkah 5



Komentar

Postingan Populer