MANFAAT LABORATORIUM TIK




KATA PENGANTAR
     Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) yang telah berkembang sangat pesat dimasyarakat, terutama dikalangan para pelajar. Akan tetapi masih banyak yang belum bisa memanfaatkan TIK dengan baik.

     Sarana yang lengkap dan menunjang tentunya sangat membantu tenaga pengajar dan pengelola sekolah. Berbagai upaya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sarana yang dapat menunjang proses Kegiatan Belajar dan Mengajar ( KBM  ).

     Sangat masuk akal jika sebuah sekolah yang telah memiliki sarana lengkap dapat meningkatkan mutu pendidikan disemua pelajaran. Pemerintah pun khususnya Dinas Pendidikan berupaya untuk memenuhi semua kebutuhan disetiap sekolah. Salah satu bukti nyata adalah dengan member bantuan-bantuan, diantaranya adalah bantuan laboratorium computer.









Bandung, 09 April 2014



                                                                               Penyusun


i

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR…………………………………… i
DAFTAR ISI……………………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1                    Latar Belakang…………………………... 1
1.2                    Ruang Lingkup…………………………... 1
1.3                    Perumusan Masalah…………………….... 1
1.4                    Tujuan dan Manfaat……………………….1
1.5                    Landasan Teori…………………………… 1
1.6                    Metode…………………………………….2
BAB II PEMBAHASAN MATERI
1.1                    Peran pengelola laboratorium TIK………...3
1.2                    Pengelolaan laboratorium TIK…………….3
1.3                    Manfaat laboratorium TIK………………...4
BAB III PENUTUP
1.1                    Kesimpulan ……………………………….5
1.2                    Saran …………………………………...…5
DAFTAR PUSTAKA……………………………………….6
LAMPIRAN













ii


BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang
      Kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi di negara tersebut. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya laboratorium komputer untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan tentang teknologi di sekolah-sekolah.

1.2  Ruang lingkup
      Adalah ruang yang membatasi penelitian dalam pembuatan makalah hanya membahas tentang laboratorium TIK saja.

      Dalam penyusunan makalah ini membatasi penulis agar hanya terfokus pada pembahasan laboratorium komputer.

1.3  Perumusan masalah
     Perumusan masalah adalah masalah yang akan ditinjau dalam makalah ini.
Bagaimana cara pemanfaatan laboratorium TIK dengan baik.

1.4  Tujuan dan manfaat
      Tujuan penyusunan makalah yang membahas laboratorium TIK ini adalah sebagai berikut :

1.      Agar dapat mengetahui manfaat, fungsi, dan bagaimana cara pemanfaatan laboratorium TIK.
2.      Agar peserta didik dapat menggunakan laboratorium komputer dengan baik, dan tidak menyalah gunakan fasilitas laboratorium yang ada.

1.5  Landasan teori
      Landasan teori dalam penelitian kami, penyusun mengambil tema judul    “ Pemanfaatan Laboratorium TIK”

1.      Teknologi Informasi dan Komunikasi menrupaklan sarana yang dibutuhkan untuk membantu tenaga pengajar untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
2.      Teknologi Informasi dan Komunikasi berarti seluruh media yang digunakan untuk melatih kemammpuan atau skill secara sistematis.


1


1.6  Metode
      Dalam melakukan pengamatan tentang Laboratorium TIK menggunakan metode :

1.      Observasi (pengamatan) yang dilakukan secara langsung ataupun secara tidak langsung.
a.       Secara langsung
Pengamatan secara langsung saya lakukan pada laboratorium di salah satu madrasah aliyah di kota cimahi.

b.      Secara tidak langsung
Pengamatan yang dilakukan dengan cara membaca buku maupun dengan cara mencari sumber nya dari internet.


























2


BAB II
PEMBAHASAN MATERI

1.1  Peran pengelola laboratorium TIK

      Harus ada pengurus yang benar-benar dapat mengelola laboratorium komputer. Biasanya Dalam suatu kepengurusannya terdapat beberapa unsur yang dilibatkan, seperti guru TIK, Laboran, Teknisi Komputer dan Teknisi Jaringan. Unsur-unsur inilah yang nantinya akan bertanggung jawab sebagai pengelola laboratorium dibawah pengawasan kepala sekolah.

1.2  Pengelolaan laboratorium TIK

1.      Harus ada orang yang dapat mengurus Laboratorium TIK

2.      Tempat atau ruangan yang mendukung

      Komputer merupakan barang yang sangat riskan dengan masalah cuaca. Penempatan Laboratorium harus benar-benar memperhatikan ini. Jika kondisi ruangan yang lembab sudah tentu akan berpengaruh pada usia komputer. Sebaiknya gunakan ruangan yang kering dan tidak bocor.  Kalau mampu dapat menggunakan AC sebagai penyejuk ruangan.

3.      Keamanan
      Setelah ruangan ada dan dianggap cocok, jangan lupa perhatikan juga keamanannya. Sebagai barang yang riskan harus benar-benar dijaga. Gunakan teralis yang kuat diseluruh ruangan. Bila perlu termasuk bagian atasnya diberi teralis juga.

4.      Perawatan yang maksimal
      Jika Laboratorium Komputer sudah mulai digunakan, jangan lupakan perawatannya, mengapa? Karena tanpa adanya perawatan yang berkelanjutan komputer sedikit demi sedikit akan berkurang karena rusak. Perawatan ini dapat berupa pemeriksaan rutin kondisi atau perbaikan hardware yang rawan eror. Tentunya kegiatan ini berhubungan dengan Bendahara Sekolah.

5.      Daya listrik
      Komputer yang banyak akan tetapi daya listriknya tidak memadai, maka komputer akan mengalami kerusakan yang sangat komplek. Biasanya akibat dari kekurangan daya listrik, satu persatu dan terus menerus komputer akan mengalami kerusakan.




3


1.3  Manfaat Laboratorium TIK

1.      Mengunakan laboratorium sebagai sarana untuk kegiatan praktek, baik berupa pelajaran tentang pengenalan Microsoft office maupun pengenalan tentang hardwere. Yang perlu diperhatikan adalah, dalam kegiatan ini perlu adanya pengawasan yang benar baik itu oleh guru mata pelajaran atau olehpengawas laboratorium.
2.      Laboratorium bisa dugunakan untuk mata pelajaran yang lain, yang membutuhkan media pembelajaran Audio Visual.
3.      Laboratorium dapat digunakan oleh anak didik yang sibuk dengan kegiatan UKM. Contohnya dalam pembuatan surat menyurat dan keperluan lain yang berhubungan dengan kegiatan di Kampus.
4.      Laboratorium dapat digunakan sebagai sarana bimbingan belajar. Dimana waktunya dapat dilaksanakan diluar Kegiatan Belajar Mengajar.
5.      Jika sudah terkoneksi dengan internet, dapat pula dimanfaatkan sebagai sebagai metode e-learning sebagai media pembelajaran. Dimana guru dan murid dapat terus berinteraksi setiap saat. Misalkan dengan memanfaatkan chating dan email sebagai media komunikasi antar guru dan murid.
6.      Koneksi Internet yang baik memungkinkan sekolah dapat mengelola website di laboratorium komputer. Sehingga Profil  sekolah akan lebih mudah diakses oleh semua masyarakat umumnya, khususnya anak didik dan alumni.













                                                                                     BAB III
PENUTUP
1.1  Kesimpulan
     Itulah beberapa hal dalam pemanfaatan sebuah laboratorium TIK. Saat ini lab komputer telah berkembang dari hanya di gunakan sebagai tempat pelatihan computer menjadi ruang kelas bagi semua mata pelajaran. Lab computer bisa menjadi Lab bahasa, baik bahasa Indonesia maupun lab bahasa inggris.

1.2  Saran
      Sebuah lab harus ada pengawasnya, jika tidak ada yang mengawasi akan berakibat fatal. Bisa jadi komputer tersebut digunakan hal-hal yang tidak semestinya, misalnya seperti bermain game, mendengarkan musik atau video yang tidak semestinya, browser website  yang tidak tepat dan masih banyak yang lain nya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer