Pengertian e-mail
Pengertian
e-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan e-mail itu sendiri. Kata e-mail
merupakan singkatan dari electronic e-mail yang dalam bahasa Indonesia memiliki
arti ‘surat elektronik’. Mengapa disebut surat elektronik? Karena e-mail
merupakan system yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan
diterima secara elektronik melalui
computer atau telepon seluler.
Pengertian e-mail diatas jika ingin
dibuat spesifik menjadi sebagai berikut, e-mail adalah cara pengiriman data, file
teks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu computer ke
computer lainnya, dalam suatu jaringan computer. Jaringan computer ini biasa berupa jaringan computer intranet
maupun jaringan internet.
Alamat e-mail
Untuk menerima e-mail, kita harus
memiliki alamat e-mail. Seperti apa yang sudah disebutkan dimuka, alamat e-mail
diibaratkan sebuah nomor HP. Hanya saja formatnya tidak angka semua sebagaimana
pada nomor HP. Alamat e-mail menggunakan format semacam berikut ini :
Sebagaimana
yang anda lihat, alamat e-mail memuat dua identitas yang dipisahkan oleh tanda
@. Dibagian kiri tanda @ biasa disebut username e-mail dan bagian kanan adalah
server atau penyedia dari alamat e-mail tersebut. Username menyatakan identitas
pengguna e-mail, sedangkan server menunjukkan identitas dari penyedia layanan
e-mail.
Biasanya,
bagian username dapat berupa kata-kata, nama, singkatan, atau nomor-nomor
tertentu. Namun begitu, biasanya username ini hanya boleh berisi huruf, angka,
tanda, titik dan tanda underscore. Sehingga tanda spasi dan karakter-karakter
khusus seperti #,%,&,?,(,), dan simbol-simbol lainnya tidak bisa digunakan sebagai alamat e-mail.
Sebagaimana pada nomor HP ketika kita salah
menuliskan alamat e-mail maka e-mail yang kita kirim tidak mungkin sampai.
Sebagaimana kalau kita salah pijit 1 nomor saja pada HP maka bisa dipastikan
salah sambung.
Layanan
e-mail yang tersedia pada saat ini, yang disediakan berbagai situs diinternet
pada dasarnya dapat dibagi dua kelompok: yakni layanan e-mail gratis dan
layanan email berbayar. Dahulu kala, layanan email gratis memiliki berbagai
keterbatasan di sana sini. Sebut saja layanan email gratis dari yahoo, pengguna
email gratis mungkin tidak memiliki servis yang sebaik yang diberikan oleh
layanan email yahoo berbayar. Yahoo memiliki 2 macam tipe akun email yakni
email gratis dan email berbayar. Pada email gratis yahoo jaman dulu, halaman
email pemakai biasanya disodori iklan di sana sini. Iklan-iklan ini terkadang
kurang nyaman untuk membaca email, karena dengan koneksi internet yang cukup
lambat dimasa lalu dan menjadi beban dalam proses loading email.
Namun
begitu, seiring dengan kemajuan teknologi dan persaingan antar penyedia layanan
email, saat ini kita bisa merasakan berbagai layanan istimewa yang disediakan
oleh penyedia layanan email yang gratis sekalipun. Sebut saja layanan email
gratis dari google yang disebut dengan gmail. Digmail bisa merasakan kenyamanan
yang mungkin pada jaman dulu hanya bisa dirasakan oleh pengguna email berbayar.
Kelebihan email
Kelebihan email ada banyak bila
dibandingkan dengan surat biasa. System pengiriman email tidak memerlukan
amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun
tinta seperti halnya surat yang biasa. Proses berkirim email pun dapat
dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang
dan waktu dalam berkirim surat. Dengan kemajuan teknologi seperti ini, kita
dapat mengirim surat dalam beberapa detik ke belahan dunia yang lain. Hal ini
mungkin tidak terbayangkan dimasa yang lalu.
Selain itu pengiriman email secara
ideal dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan dimanpun kita berada. Tidak
heran jika kemudian teknologi email menyebar luas dengan cepat, khususnya untuk
keperluan komunikasi dalam dunia bisnis maupun komunikasi lainnya. Apalagi
mengingat email tidak menggunakan kertas, pengiriman email cenderung lebih
bebas sampah.j
Kelemahan email
Meskipun
email memiliki berbagai macam kelebihan namun email juga memiliki kelemahan,
antara lain: Kemungkinan terjadinya pemalsuan identitas. Hal ini berkenaan
dengan kemudahan proses pembuatan alamat email dapat membuat orang yang tidak
bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini dengan membuat email beridentitas palsu
untuk keperluan-keperluan yang bersifat negative. Hal lain dari kelemahan email
adalah kemungkinan terjadinya penyadapan informasi karena bisa terjadi terlebih
jika kita menggunakan computer yang digunakan secara masal, misalnya diwarnet
atau dikomputer umum. Jadi penggunaan email lebih aman jika menggunakan
computer pribadi.
Sumber
: http://internet.artikel2.com/pengertian-email.htm
Pengertian email
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Secara harfiah, email dapat
didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan
melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. Dari pengertian email tersebut, jelas bahwa email mulai dari
ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis.
Email adalah surat elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet,seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan ke perorangan
dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena didukung
jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan cepat
tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke
seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya
sama.
Agar email bisa bekerja dibutuhkan SMTP (Simple
Mai transfer protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui
internet. Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA (Mail user agent) dikenal sebagai email client.
- Proses pengiriman email tersebut ditangani oleh MTA (mail transfer agent) atau disebut pula dengan mail server.
Email juga membutuhkan alamat agar pesan bisa
sampai ke tujuan. Contoh alamat email misalnya zakapedia@gmail.com. Alamat
email tersebut terdiri dari dua komponen yakni identitas dan domain atau
provider. Komponen identitas direpresentasikan oleh zakapedia, sedangkan
komponen domain atau provider direpresentasikan oleh gmail.com. Keberadaan
email memberikan terobosan baru dalam system komunikasi memiliki keunggulan
sekaligus kelemahan.
Keunggulan dari email dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Proses cepat mulai dari penulisan atau pengetikan email sampai dengan pengiriman email hanya membutuhkan beberapa menit.
- Caranya mudah karena hanya cukup mengetikkan pesan yang ingin disampaikan dalam komputer.
- Email dapat dikirim secara massa ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirimkan file atau dokumen sebagai lampiran email.
- Email dapat dibuat dimana dan kapan saja selama ada koneksi dengan internet baik menggunakan komputer maupun ponsel.
- Ditinjau dari sisi biaya, email lebih ekonomis.
Kelemahan dari email di antaranya adalah:
- Harus selalu online atau terhubung ke internet untuk membuat dan mengirimkan email.
- Harus selalu ingat username dan password account email.
- Berpotensi untuk penyebaran virus dan spyware.
Untuk bisa mengirimkan dan menerima email,
Anda harus memiliki sebuah account email terlebih dahulu. Account email ini nantinya
sekaligus mencakup alamat emal yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pesan
kepada orang lain secara elektronis. Sebelum Anda membuat account email, perlu
Anda ketahui bahwa terdapat banyak provider yang menyediakan layanan email
sepertiYahoo, Gmail, Hotmail (windows live), dan lain sebagainya.
Sumber: http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-email-electronic-mail.html
Sejarah email
Sejarah email-pengertian email
adalah sebuah media di masa kini untuk berkirim pesan secara lebih cepat.
Walaupun fungsi utamaya adalah untuk berkirim pesan namun email sekarang ini
juga telah memiliki berbagai fungsi yang lebih kompleks dan lengkap.
Diantaranya adalah untuk berkorespondensi, saling mengirim surat, gambar, data
dan sebagainya. Segala data yang dikirim melalui email bisa sampai kepada si
penerima bahkan hanya dalam hitungan kurang dari 1 detik. Hal ini terjadi
karena email menggunakan fasilitas jaringan internet.
Pengertian email adalah sebuah kata
yang merupakan singkatan dari “Elektronik Mail” atau “Surat Elektronik” atau
biasa disebut juga dengan “Surel”. Jadi bisa dikatakan pengertian email yaitu
sebuah metode bertukar pesan secara digital dari pengirim pesan kepada satu
atau banyak penerima pesan. Email modern beroperasi melalui jaringan internet
atau jaringan computer lainnya.
Beberapa
istilah dalam pengertian email
Dalam pengertian email, ada beberapa
istilah atau ejaan dari kata email itu sendiri yang mungkin dalam sejarah email
sempat menjadi perdebatan mengenai penggunaanya, diantaranya :
- e-mail – ini adalah bentuk yang paling umum yang sering ditemui diberbagai media cetak.
- Email – bentuk kata ini yang paling umum digunakan secara online.
- mail – adalah bentuk resmi yang digunakan dalam RFC
- eMail – (dengan huruf M besar) adalah istilah yang umum dipakai diantara pengguna ARPANET dan pengembang awal Unix, CMS, AppleLink, eWorld, AOL, jin dan Hotmail.
- EMail – ini adalah bentuk tradisional yang telah digunakan dalam RFC.
- E-mail – istilah ini kadang-kadang juga untuk lebih menegaskan huruf E yang berarti Electronic, misalnya pada kata E-learning atau E-commerce.
Sumber:
http://kumpulansejarah1001.blogspot.com/2013/11/pengertian-sejarah-email.html
Berkomunikasi dengan e-mail
E-mail
sebagai alat komunikasi juga mempunyai etika-etika yang hendaknya dijalankan
agar komunikasi yang dilakukan berjalan dengan baik. Komunikasi yang tidak
disertai dengan etika akan menyebabkan tujuan komunikasi tidak sampai. Beberapa
tips mengenai etika dalam berkomunikasi e-mail sebagai berikut :
1. Gunakan
subject (judul) e-mail yang sesuai
2. Langsung
ke pokok pembahasan
3. Jawablah
semua pertanyaan
4. Tidak
berteriak
5. Gunakan
BCC (Blind Courtesy Copy) dan CC (Courtesy Copy) dengan tepat
6. Tidak
melakukan reply all ke group e-mail (Distribution List)
7. Beritahu
jika mengirimkan lampiran (attachment) berukuran besar
8. Tidak
meneruskan e-mail berantai, serta hindari e-mail flaming, jank, hoac dan sara
9. Berhati-hatilah
dengan gurauan
10. Sebelum
dikirim baca ulang
Sumber:
I. Program Email
Program komputer yang digunakan untuk
mengirim dan menerima email sangat banyak pilihannya. Barangkali bisa
diusahakan suatu pembahasan umum yang mencakup hal-hal mendasar yang dimiliki
oleh setiap email clients tersebut, akan tetapi jauh lebih baik bila
kita merujuk pada satu email client tertentu supaya kita bisa punya
orientasi yang sama. Oleh karena itu dari awal saya ingin menetapkan bahwa
program email yang akan dirujuk di sini adalah Outlook Express buatan
Microsoft. Mulai dari versi 3, 4.1, 5.0, dan 5.1 email client yang
populer ini memiliki prinsip penggunaan dasar yang sama.
Sebagai catatan, dari berbagai forum
diskusi / milis mengenai komputer serta informasi yang tersebar di Internet
diperoleh informasi bahwa Outlook Express ternyata sering menunjukkan error
bug bila program ini digunakan untuk multiple account dan menerima
email dalam jumlah banyak. Akan tetapi bila penggunaannya hanya single
account, email client ini cukup stabil. Memang harus diakui bahwa
tidak ada program komputer yang sempurna. Oleh karena itu patut pula
dipertimbangan email clients alternatif seperti Eudora Pro, Eudora
Light, Becky, Calypso, QuickMail Pro, The Bat!, dan lain-lain. Masing-masing
program memiliki kelebihan sendiri-sendiri dengan fitur yang berbeda-beda.
Semuanya dapat dicari dan diambil secara gratis di Internet melalui alamat
seperti, www.download.com atau http://tucows.cyberway.com.sg
II. Cara Kerja Email
Sama halnya
dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum
sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang
tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di
sepanjang jaringan internet. Komputer-komputer itu disebut dengan email
server. Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti
yang ditunjuk pada alamat email - kepada siapa kita menulis email) email
tersebut disimpan pada sebuah emailbox. Si pemilik alamat email baru
bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya.
Jadi, tidak benar kalau dibayangkan bahwa untuk bisa menerima email kita harus
terhubung terus menerus dengan internet.
Untuk
bisa menerima email kita mesti memiliki sebuah account pada suatu email
server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service Provider). Ini
sama dengan bila kita memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya, bila pada snail
mail kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di alamat kita, sedangkan
pada email, kita bisa menerimanya di mana
saja kita berada. Misalnya saya bisa mengecek email-email yang datang ke
alamat email saya tomita@bdg.centrin.net.id
- yang normal-nya saya buka di Bandung, ketika saya sedang berada
di Bali atau di Amerika
sekalipun. Bagaimana hal ini bisa dijelaskan ?
Hal itu
bisa dilakukan karena bila kita bisa mengkontak sebuah email server di
mana kita punya account email, maka kita bisa mengambil / men-download
semua email yang ditujukan kepada alamat email yang kita miliki. Untuk itu kita
mesti memperhatikan protokol penerimaan dan pengiriman email. Protokol di sini
maksudnya adalah sebuah prosedur standard untuk mengatur transmisi data di
antara komputer-komputer. Untuk pengiriman, protokolnya adalah SMTP, singkatan
dari Simple Mail Transfer Protocol; untuk penerimaan, protokolnya adalah
POP singkatan dari Post Office Protocol. Setiap email server memiliki
SMTP dan POP yang berbeda-beda.
Bila kita
bisa menguasai cara mengontak SMTP dan POP dari lokasi yang berbeda, sebenarnya
ini bisa mengatasi masalah kepemilikan komputer dan koneksi internet. Bila kita
tidak memiliki sendiri komputer dan koneksi ke internet, kita masih bisa men-download
email yang ditujukan kepada alamat email kita. Alternatif untuk itu misalnya
(1) menggunakan email client yang mampu menangani lebih dari satu
account (multiple account) - bisa saja
kita nebeng komputer teman atau komputer kampus; atau (2) men-download
email di cybercafe atau rental-rental komputer yang kini bertebaran di
mana-mana.
III. Anatomi Alamat Email
Bilamana
kita membaca alamat sebuah snail mail, kita bisa membayangkan seberapa
jauh lokasi si pengirim surat dari kita. Pertanyaannya adalah, apa yang bisa
kita pahami dari sebuah alamat email ?
Alamat
email terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon / @. Misalnya
alamat :
Di sebelah kiri @ disebut user name (tomita), yang menunjuk
pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si
pemilik, singkatan nama, nickname,
nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi emailbox
yang dimiliki seseorang di sebuah mail server.
Di sebelah kanan @ (bdg.centrin.net.id) disebut domain name,
yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user
memiliki emailbox. Domain name biasanya menunjukkan nama
perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account. Misalnya :
liputan6@sctv.co.id (crew acara
Liputan6 di SCTV)
ylbhi@ylbhi.org (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia)
kompas@kompas.com
(Surat Kabar Harian Kompas)
Selain itu, dari bagian paling
belakang dari sebuah email kita bisa memperoleh beberapa dugaan mengenai
pemiliknya.
·
.com, biasanya ini dimiliki
oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya,
·
.edu, biasanya menunjukkan
bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi pendidikan, seperti humas@maranatha.edu
·
.gov, dimiliki oleh instansi
pemerintah,
·
.mil, dimiliki instansi
militer,
Bagi email server yang letaknya di luar
Amerika, seringkali alamat emailnya diberi identitas sesuai nama negaranya.
Sebagai contoh id (Indonesia), au (Australia), uk (United Kingdom), ca
(Canada), nz (New Zaeland), dan sebagainya.
IV. Jenis Email
a. Dari
Mekanismenya
Dalam
perkembangannya, email ternyata tidak hanya seperti yang dideskripsikan pada
bagian II. Lebih detil, dari mekanisme pengiriman dan penerimaannya terdapat
beberapa jenis sebagai berikut :
·
POP Email
Email jenis ini adalah persis seperti yang telah
dijelaskan pada bagian II di atas. POP singkatan dari Post Office Protocol.
Jadi, jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail
mail, yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya
sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa
komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum
akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email
kita terdaftar.
·
Web-based Email / email gratis
Web-based Email, atau email berbasis web
dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang
memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email sendiri,
atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama
harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yang pada
umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account
email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name
yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut
tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom
/ halaman khusus yang disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah
lengkap tersedua bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan,
dan sebagainya.
Bila
kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akan
harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di
website yang memberikan jasa email semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan email
client, seperti yang saya tulisakan di atas, tapi fasilitas yang dibuat
khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti
hotmail.com, yahoo.com, mailexcite.com, astaga.com, dan sebagainya.
·
Email Forwarder
Email Forwarder adalah sebuah
fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang
komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara
untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh,
alamat email saya yang sebenarnya adalah tomita@bdg.centrin.net.id,
akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan
ke agnolia@bigfoot.com
pada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini agnolia@bigfoot.com
adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat
itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya (tomita@bdg.centrin.net.id).
Orang menggunakan email forwarder dengan
berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas
menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal
pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam
sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email
forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang
menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming
(lihat bagian Email Abuse di bagian VII).
b. Dari
Segi Format Isi
Pengertian format isi di sini adalah
bagaimana penampakan visual sebuah pesan email. Ada dua macam yaitu :
·
Plain Text
Dengan plain text, dimaksudkan bahwa tulisan
yang kita ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American Standard Code
for Information Interchange). Tulisan yang disajikan dalam format plain text
sama sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada tampilan
visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks, mengganti
warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.
·
HTML
HTML singkatan dari HyperText Mark-up Language,
yaitu sebuah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan / mengatur
penampilan materi-materi informasi di internet. Email yang ditulis dengan
menggunakan format HTML akan memungkinkan isinya disusun secara variatif, mulai
dari pengaturan huruf, warna, lay out, sampai peletakan gambar.
Seringkali bila kita mengirim email ke
sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam
format plain text saja. Hal ini disebabkan biasanya email dalam format
HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text.
Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email
client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML
dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama
sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung
format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa
membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format
HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML,
tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa
menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML ?
V. Variasi Bentuk Komunikasi Dengan Email
Dalam
beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email
memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk
komunikasi yang bisa dilakukan dengan email. Sekurang-kurangnya ada lima macam,
yaitu :
Point
to Point
Maksudnya adalah mengirimkan email
langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di
antara mereka yang sering berkirim email bahwa cara ini dinamakan japri,
singkatan dari jalur pribadi.
1. Carbon
Copy / CC
Pengertian carbon, di sini analog
dengan bila kita mengetik surat (dengan mesin tik konvensional!) menggunakan
kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah email,
selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat
lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO”,
sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.
2. Blind
Carbon Copy / BCC
Ini adalah variasi dari CC. Orang yang
menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO” oleh si pengirim,
bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana saja email tersebut
dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena
ia bisa langsung melihat pada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk
mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut
tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk
itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”,
selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express ver. 5.01 bagian BCC baru bisa
tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All
Headers.
3. Distribution
List
Pengertian distribution list agak
berbeda dengan tiga varian bentuk sebelumnya, karena ini lebih berkenaan dengan
pengaturan distribusi email yang dilakukan secara eksternal, artinya tidak
terintegrasi dengan email client yang digunakan.
Yang dimaksud dengan distribution
list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan email secara satu
arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan
informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai
perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), akan tetapi tidak
mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang harus
dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini.
Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat
tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat
email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.
Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon
pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si
pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat email mereka ke
database pelanggan secara manual.
4. Discussion
List
Discussion list
seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis.
Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan
siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon
terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja
mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas,
sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah
milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription
(mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak
memerlukan intervensi seorang administratur yang mengelola milis, baik untuk
menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti
itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.
Akan tetapi kadang-kadang ada juga milis
yang mempersyaratkan calon anggota untuk memberikan keterangan mengenai jati
dirinya sebelum permohonan bergabung disetujui. Bila seorang administratur
milis menyetujui permohonan untuk bergabung, biasanya tak lama kemudian akan
dikirimkan informasi mengenai tatacara pengiriman email dan
keterangan-keterangan lainnya tentang milis tersebut; tujuan milis, yang boleh
dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, cara keluar dari milis, alamat email
administratur, dan sebagainya.
VI. Netiket
Sementara
orang mungkin berpikir, karena email hanya berbentuk tulisan dan bisa saja kita memalsukan identitas diri,
maka tentu kita bisa menulis tentang apa saja kepada siapa saja dengan cara apa
saja. Bukankah internet adalah kebebasan ?
Pada
kenyataannya komunitas orang-orang yang menggunakan internet, khususnya email, telah mengembangkan etiket
yang berkenaan dengan konvensi mengenai kepantasan tindak tanduk dalam
berkomunikasi. Konvensi ini disebut dengan netiquette atau netiket.
Memang
tidak ada satu rumusan netiket yang pasti dan diberlakukan secara universal,
akan tetapi secara umum dari beberapa sumber pada dasarnya memiliki kesamaan.
Beberapa poin penting mengenai netiket di antaranya :
a. Tidak
menulis email dengan menggunakan huruf besar semua. Email yang keseluruhan
pesannya ditulis dengan huruf besar dapat dipersepsikan sebagai berteriak.
b. Menggunakan
emoticon / smiley (dijelaskan pada bagian lampiran) bila kita ingin
mengindikasikan emosi kita pada orang lain. Ini perlu untuk menghindari
kesalahpahaman.
c. Mempertimbangkan
dengan baik-baik apa yang ditulis. Tidak semua orang atau milis bisa menerima
ekspresi yang keras. Paling aman adalah bersikap netral dan tidak berapi-api.
d. Tidak
melampirkan file apapun pada email sebelum ada kesediaan dari calon penerima
email. Ini terutama berlaku pada milis, karena apa yang kita kirimkan akan
diterima oleh banyak orang. Hampir semua milis melarang anggotanya untuk
mengirimkan email dengan attachment.
e. Hanya
menggunakan email dengan format plain text bila mengirim email ke discussion
list.
f. Bila
kita ingin memberitahu keberadaan sebuah website yang menarik pada orang
lain, jangan memuat seluruh isi website itu. Cukup tulis saja alamatnya.
g. Tidak
mempromosikan apapun ke dalam milis yang sifatnya bisnis, menjual barang, atau
menawarkan jasa – kecuali ada izin dari moderator milis atau jika milis
tersebut memang memungkinkan seseorang untuk melakukan itu.
h. Sebuah
milis hanya mengizinkan anggotanya untuk menulis email dengan topik tertentu,
yang berkaitan dengan misi milis atau tujuan milis. Kita selalu dihimbau untuk
tidak menulis email yang isinya sembarangan. Sebuah milis pada umumnya bersifat
spesifik.
i.
Bila menjawab sebuah email, baik japri
maupun ke sebuah milis, jangan menyertakan seluruh isi dari email sebelumnya.
Editlah sedemikian rupa sehingga hanya bagian-bagian penting saja dari email
lama yang dipertahankan, yaitu yang akan anda tanggapi.
VII. Email Abuse
Ternyata
internet belum menjadi tempat yang sangat aman, termasuk juga dalam kaitannya
dengan email. Meskipun yang terjadi nampaknya hanya sekedar ‘kirim-mengirim
tulisan’ namun perlu diwaspadai bahwa di situ pun terdapat peluang
penyalahgunaan dalam berbagai bentuknya. Untuk keperluan identifikasi dan
antisipasi terhadap email abuse yang mungkin menimpa kita, berikut ini
saya jelaskan beberapa di antaranya :
a. Spamming
Spamming
menunjuk pada pengiriman email yang ditujukan kepada orang-orang yang tidak
menghendaki atau memintanya. Jumlah email yang dikirimkan bisa hanya satu, bisa
pula hingga ratusan bahkan ribuan. Penerimanya pun bisa sekaligus ratusan atau
kalau perlu ribuan orang sekaligus. Isi email spamming biasanya sama.
Percuma saja kita membukanya satu-satu karena isinya sama semuanya. Dalam
bentuknya yang parah spamming kadang disebut juga flooding,
maksudnya si pengirim membanjiri emailbox seseorang sehingga akhirnya jumlah
totalnya melebihi kuota alokasi ruangan yang diperuntukkan bagi emailbox
tersebut. Akibatnya adalah emailbox tidak bisa diakses sama sekali, hilangnya
email-email penting, bahkan merusak sebuah email server, sehingga
mengakibatkan apa yang disebut denial of service (suatu keadaan di mana
server tidak memberikan respon terhadap perintah yang diberikan kepadanya).
Apa yang bisa kita lakukan menghadapi spamming
? Kalau email yang sama datang secara berulang-ulang pada waktu yang tidak
bersamaan, kita dapat mengatasinya dengan membuat semacam filter. Pada Outlook
Express terdapat fasilitas yang memungkinkan kita untuk tidak men-download
(dan langsung menghapus) email dengan alamat tertentu yang kita spesifikasikan
sebelumnya. Namun apabila datangnya spamming mendadak dan membuat kita
tiba-tiba harus men-download ribuan email, segera putuskan hubungan
internet dan hubungi ISP tempat di mana kita mendapatkan account email.
b. Spoofing
Pengertian spoofing adalah
penyalahgunaan alamat email oleh orang lain. Bila kita menjadi korban spoofing
maka akan ada orang lain yang seolah-olah menerima email dari kita, padahal
sebenarnya orang lain yang mengirimkan email tersebut. Ini adalah jenis email
abuse yang paling berbahaya karena kita tidak akan pernah tahu bahwa kita
telah menjadi korban, sampai orang lain akhirnya menghubungi kita dengan marah
atau protes. Variasi dari spoofing adalah alamat email yang kita miliki tanpa
sepengetahuan kita didaftarkan pada berbagai milis, sehingga kita tiba-tiba
menerima email banyak sekali secara terus menerus. Yang ini sekarang sudah
jarang terjadi karena banyak fasilitas milis kini mempunyai mekanisme tertentu
yang mampu meminimalisir terjadinya hal semacam ini.
Apa yang bisa kita lakukan bila kita
tahu telah menjadi korban spoofing ? Jawabannya adalah, tidak ada ! Bila
hal itu sudah terjadi sekurangnya hal yang bisa kita lakukan adalah dengan
menyakinkan si penerima email bahwa kita tidak pernah mengirim email itu. Hal
ini sebenarnya secara teknis bisa dibuktikan karena setiap email membawa
identitas dari server mana email tersebut dikirimkan, meskipun bisa mungkin
bisa juga seorang spoofer yang cerdik mampu menghindari hal ini. Uraian
mengenai hal ini barangkali akan terlalu teknis sehingga tidak saya sajikan di
sini.
Apa yang sebenarnya perlu adalah
melakukan antisipasi. Antisipasi dapat dilakukan antara lain dengan :
·
Memiliki account email lebih dari
satu. Barangkali satu account email kita gunakan untuk kepentingan umum
(mengikuti milis, dsb) dan satu account lagi untuk kepentingan pribadi.
·
Tidak terlalu mencerminkan nama diri
pada user name. Ketika kita mendaftarkan diri pada ISP untuk mendapatkan
account email barangkali yang segera terbayang akan kita jadikan user
name adalah nama kita sendiri. Dalam hal ini ternyata tidak selalu
bijaksana untuk menggunakan nama jelas kita sebagai user name, apalagi
bila kita adalah seorang public figure. Kita tentu bisa menggunakan
singkatan, julukan, nickname, atau bahkan kombinasi angka.
Biasanya
orang jahat bisa menujukan email spamming / spoofing -nya kepada kita karena ia
mengidentifikasi alamat email kita dari milis-milis umum atau karena ia
berhasil menembus email server dan memiliki akses pada setiap emailbox yang ada
di dalamnya. Bila yang terakhir terjadi, berarti itu adalah kelemahan ISP.
c. Virus
Melalui Email (?)
Dari waktu ke waktu orang mempertanyakan
apakah virus bisa menyebar melalui email. Yang pasti tidak mungkin email dapat
menularkan virus bila format emailnya adalah plain text. Bagaimana
dengan HTML ? Memang pernah terdengar kabar ada virus yang bisa ‘ditempelkan’
pada email dengan format HTML, tapi hingga kini saya belum pernah mendengar
kabar lagi mengenai hal ini, apalagi mengalaminya.
Virus memang dapat menyebar melalui
email, tapi tidak melalui emailnya itu sendiri, melainkan melalui attachment
yang dibawa oleh email tersebut. Sebagai peringatan umum, ada baiknya bila kita
bersikap ekstra hati-hati pada semua attachment yang memiliki akhiran
(extension) EXE atau COM. Bila anda harus membukanya, ada baiknya untuk men-save
attachment tersebut di tempat yang aman, lalu kita periksa menggunakan
program antivirus untuk menentukan apakah file tersebut adalah virus atau
mengandung virus. Akhir-akhir ini kita pun dihimbau untuk juga berhati-hati
membuka file dengan extension DOC (Microsoft Word) karena ternyata virus dapat
disusupkan ke dalamnya.
d. Hoax
Hoax adalah email yang isinya tipuan,
menakut-nakuti, atau menjanjikan pada kita sesuatu yang sebenarnya mustahil.
Tidak semua informasi yang dikirimkan lewat email adalah benar. Contoh yang
pernah terjadi adalah email yang isinya :
·
meminta kita untuk mem-forward /
meneruskan sebuah email ke beberapa orang lain, karena bila tidak nyawa kita
akan terancam,
·
make money fast ! ajakan
kepada kita untuk ikut serta dalam arisan dengan menggunakan email berantai,
·
menghimbau kita hati-hati menggunakan
komputer yang menggunakan prosesor buatan Intel karena komputer kita akan
dimata-matai (ini sebenarnya adalah joke – intel = mata-mata),
·
peringatan untuk tidak membuka email
dengan subject tertentu karena berisi virus (yang justru membuat kita
penasaran); sekali lagi, email tidak bisa ditumpangi virus, yang bisa adalah attachment-nya.
VIII. Menggunakan Email Secara Efektif / Efisien
Bila
hal-hal yang mendasar dalam teknis pengiriman dan penerimaan email telah
dikuasai, maka yang berikutnya harus diupayakan adalah bagaimana menggunakan
email secara efektif dan efisien. Sebenarnya seiring dengan semakin seringnya
seseorang menggunakan email, lambat laun cara penggunaanmua yang efektif akan
ditemukan sendiri. Akan tetapi tentu ada baiknya bila di sini disajikan
beberapa poin yang dapat mempersingkat pengalaman.
Beberapa
tip penggunaan email secara efektif dan efisien antara lain :
a. Menulis
semua email secara offline
Banyak sekali yang baru pertama kali
menggunakan email menyusun emailnya ketika pada saat yang bersamaan komputer
terhubungkan dengan internet. Cara ini tentu saja memboroskan pulsa telpon, apalagi
bila email yang ditulis sangat panjang atau yang akan dibuat lebih dari satu
email. Cara yang tepat adalah dengan menuliskan semua email yang akan dibuat
dalam keadaan offline atau tidak terkoneksi ke internet. Katakanlah ada
10 email yang akan kita buat. Setelah selesai semuanya baru kita kirimkan
secara bersama-sama. Ini jauh lebih cepat dan lebih irit pulsa telpon (caranya
akan diperagakan langsung).
b. Singkat
dan padat lebih efektif
Meskipun dengan email kita bisa
berdiskusi, akan tetapi harus dicatat bahwa email kurang cocok untuk pesan yang
sangat panjang. Banyak netter yang mengikuti banyak milis dan ketika
menemui email yang isinya panjang kecenderungannya adalah timbulnya rasa malas
untuk membacanya. Akibatnya tentu tanggapan yang diberikan tidak akan kritis.
Oleh karena itu lebih bijaksana bila kita mengirimkan email yang isinya pendek
saja, namun sudah cukup untuk mengungkapkan gagasan kita.
Seberapa pendek ? Itu sangat relatif,
yang jelas tidak sampai terlalu panjang sehingga berlarat-larat … J Yang dimaksud dengan diskusi di sini
jangan dipahami sebagai suatu interaksi yang diawali dengan pengiriman makalah,
misalnya. Diskusi bisa sering terjadi dengan diawali oleh sebuah lontaran isu,
dan sebuah isu tidak perlu berupa makalah.
c. Baris
yang tidak terlalu panjang
Kebanyakan email clients tidak
secara otomatis melipat baris-baris tulisan yang panjang pada sebuah email. Ini
berarti jika orang lain menggunakan email client yang memiliki perbedaan
cara melipat baris tulisan, orang tersebut akan harus melakukan scroll
ke kanan, dan itu mungkin tidak nyaman bagi beberapa orang. Oleh karena itu
tulislah email dengan pengaturan baris yang tidak terlalu panjang (caranya akan
diperagakan langsung).
d. Mengedit
sebelum me-reply
Selain berkaitan dengan netiket,
hendaknya dikembangkan etos untuk selalu rapih dalam mengirim email. Hal ini
mudah diucapkan dan sering dihimbaukan, akan tetapi pada prakteknya terlalu
banyak orang seenaknya sendiri. Bila semua orang dalam sebuah milis melakukan
hal yang sama, tentu komunikasi bisa lebih lancar. Kita tentu akan pusing
membaca email yang berantakan, terutama bila email itu adalah tanggapan
kesekian kalinya dari sebuah isu. Dengan mengedit dimaksudkan menghilangkan
bagian-bagian yang tidak perlu ditanggapi dan merapihkan lay out tulisan
(caranya akan diperagakan langsung).
e. Subject
yang deskriptif
Setiap email memiliki judul.
Kadang-kadang judul email sangat tidak mencerminkan isinya atau nilai
kepentingannya. Bila demikian halnya boleh jadi orang akan enggan membacanya,
mungkin bahkan menghapusnya sebelum membukanya. Ini terutama berlaku pada orang
yang mengikuti banyak sekali milis. Usahakan selalu memilih judul yang singkat
tapi deskriptif. Pada beberapa milis kadang ditemui bahwa bila kita akan
mengirimkan email yang isinya tidak langsung berkaitan dengan topik diskusi,
sebelum subject dituliskan “OOT”, singkatan dari Out Of Topic.
f. Mengelompokkan
email
Pada Outlook Express terdapat beberapa
folder default (yang pasti ada), yaitu inbox, outbox, send
items, deleted items, dan draft. Sebenarnya kita bisa membuat
folder-folder lain untuk mengelompokkan email-email yang kita terima. Dengan
demikian bila kita masih ingin menyimpan email yang sudah kita baca, kita dapat
memindahkannya ke folder-folder yang sudah kita buat. Bila kita mengikuti
banyak milis bisa juga dibuat agar email yang masuk langsung disalurkan ke
folder yang khusus berisi email-email dari milis tertentu. Ini akan sangat
meningkatkan kenyamanan kita mengelola email, karena tidak semuanya masuk ke inbox
(caranya akan diperagakan langsung).
g. Menghindari
penerimaan attachment berukuran besar
Seperti telah disinggung di muka email
tidak hanya bisa menyampaikan tulisan, tapi juga bisa dilampiri oleh file,
apakah itu file dokumen lain, file program, gambar, suara, video klip, atau apa
saja sepanjang bentuknya file. Kadang-kadang bila kita mengikuti banyak milis
atau kenalan kita di internet sudah banyak, ada saja orang yang mengirimkan
file dengan attachment besar. Akibatnya waktu yang diperlukan untuk men-downloadnya
lama sekali. Ini bisa kita hindarkan dengan memasang filter khusus. Pada
Outlook Express tersedia sarana untuk membatasi ukuran email yang bisa
diterima. Bila ada email yang ukurannya melebihi batas yang ditetapkan maka
email tersebut akan dihapus di server, sehingga tidak akan kita download
(caranya akan diperagakan langsung).
h. Dokumentasi
email yang telah terkirim
Ini hanya untuk mengingatkan saja. Semua
email yang telah kita kirimkan disimpan dalam folder sent items. Dengan
demikian kita bisa memiliki catatan mengenai apa saja yang kita tulis, kepada
siapa saja kita mengirim email, pada tanggal dan jam berapa. Bila anda tidak
ingin menyimpan apa yang telah anda kirimkan, kliklah folder sent items
lalu hapus email yang dimaksud. Bila sebuah email dihapus (pada folder manapun
kecuali folder deleted items) email tersebut tidak akan hilang, tetapi
hanya dipindahkan ke folder deleted items. Bila anda ingin benar-benar
menghapusnya, yang harus dilakukan adalah menghapusnya lagi dari folder deleted
items. Email yang sudah dihapus dari folder deleted items tidak
dapat dikembalikan lagi (caranya akan diperagakan langsung).
i.
Mengkoleksi alamat email
Dari sekian banyak kenalan kita atau
milis yang mungkin kita akan ikuti, apakah kita akan menghafalkan semua alamatnya
? Tentu tidak. Outlook Express menyediakan buku alamat / address book.
Kita dapat menyimpan alamat-alamat email penting ke dalamnya hanya dengan
beberapa klik mouse. Sebuah kebiasaan yang baik adalah bila kita menerima email
yang berisi CC dan kebetulan alamat yang ada di bagian CC adalah alamat email
dari lembaga atau orang yang penting, kita dapat memasukkannya ke dalam address
book. Siapa tahu suatu saat kita punya kebutuhan untuk mengontaknya
(caranya akan diperagakan langsung).
j.
Jam dan tanggal sistem komputer
Setiap email memiliki jam dan tanggal
yang memberitahu kita kapan email tersebut dikirimkan dari sebuah komputer.
Sebuah email client memperoleh informasi jam dan tanggal tersebut dari
sistem operasi yang digunakan. Oleh karena itu ada baiknya kita selalu
mencocokkan jam dan tanggal yang ada pada komputer kita. Pada komputer yang
tidak kompatibel dengan Y2K barangkali hal ini merupakan masalah, tapi
komputer-komputer baru sekarang ini pada umumnya sudah Y2K compliant
(cara mencocokkan jam dan tanggal akan diperagakan langsung.
Dua Cara untuk
Mengirim dan Menerima Email
Program e-mail
Program email atau
perangkat lunak klien email, memungkinkan Anda untuk mengirim email dengan cara
menjalankan perangkat lunak email pada komputer Anda. Perangkat lunak ini
kemudian berinteraksi dengan server e-mail pada ISP Anda untuk mengirim dan
menerima email. Kelebihan program email standar adalah Anda bisa
mengintegrasikan email dan aplikasi lain secara mudah, misalnya dengan
kalender, daftar tugas dan daftar kontak.
Email Berbasis web
Email Berbasis web
Anda bisa mengirim dan
menerima email dengan berinteraksi ke sebuah situs web melalui browser,
misalnya Yahoo! Mail, Hotmail, Bluebottle, Sacmail. Kelebihan email berbasis
web ini adalah Anda bisa mengirim dan menerima email dengan mudah meski Anda
sedang bepergian di seluruh penjuru dunia, bahkan karena semua email masuk,
email yang keluar dan folder telah tersimpan di server email, Anda juga bisa
menggunakan PC dan browser untuk mengelola email.
Cara Menggunakan Email
Tip-tip menggunakan
email dengan baik yang akan memudahkan Anda dalam mengirim,
menerimadanmembalasemail:
Hati-HatiMengetikAlamatEmail.
Gunakan Perintah “Replay” ketika menanggapi sebuah pesan email yang dikirimkan seseorang padaAnda.
Gunakan Fitur Buku Alamat yang bisa menyimpan alamat email orang-orang yang telah mengirimi Anda pesan email pada “buku alamat” (address book) yang tersedia di program email.
Hanya Satu Kali Berurusan dengan Email. Ketika sebuah pesan masuk, hapuslah, bacalah, balaslah, atau simpanlah di folder yang lain. Jangan gunakan kotak masuk (inbox) untuk menyimpanemail.
Jangan “Menghias” Email dengan gaya penulisan yang dipenuhi gaya penulisan warna-warni, logo, dan gambar latar belakang yang akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketika di download.
Hati-HatiMengetikAlamatEmail.
Gunakan Perintah “Replay” ketika menanggapi sebuah pesan email yang dikirimkan seseorang padaAnda.
Gunakan Fitur Buku Alamat yang bisa menyimpan alamat email orang-orang yang telah mengirimi Anda pesan email pada “buku alamat” (address book) yang tersedia di program email.
Hanya Satu Kali Berurusan dengan Email. Ketika sebuah pesan masuk, hapuslah, bacalah, balaslah, atau simpanlah di folder yang lain. Jangan gunakan kotak masuk (inbox) untuk menyimpanemail.
Jangan “Menghias” Email dengan gaya penulisan yang dipenuhi gaya penulisan warna-warni, logo, dan gambar latar belakang yang akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketika di download.
Mengurutkan Email
Salah satu cara untuk mengatur email adalah
dengan menggunakan pengatur instan yang disebut filter. Filter berfungsi untuk
mengurutkan email berdasarkan nama pengirim atau milis dan menempatkan email
sejenis pada satu folder.
Lampiran (attachment)
Fitur lampiran email cukup bermanfaat karena mampu menjaga format dokumen, asalkan si penerima mempunyai perangkat lunak pengolah kata sama seperti yang Anda gunakan.
Fitur lampiran email cukup bermanfaat karena mampu menjaga format dokumen, asalkan si penerima mempunyai perangkat lunak pengolah kata sama seperti yang Anda gunakan.
Instant Messaging (IM)
Kelebihan Instant Messaging (IM)
Pengguna pada sistem email manapun dapat mengirim pesan dan memunculkannya di layar penerima segera setelah si penerima tersebut log on ke sistem.
Memperoleh kapabilitas IM. Contoh sistem IM adalah Yahoo Messanger yang memungkinkan chatdengan suara jika pengguna menggunakan mikrofon dan speaker.
Kekurangan Instant Messaging (IM)
Kurangnya privasi.
Kurangnya standar: kebanyakan produk IM tidak bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
Menghabiskan waktu, apalagi saat Anda sedang sibuk menyelesaikan sesuatu.
Kelebihan Instant Messaging (IM)
Pengguna pada sistem email manapun dapat mengirim pesan dan memunculkannya di layar penerima segera setelah si penerima tersebut log on ke sistem.
Memperoleh kapabilitas IM. Contoh sistem IM adalah Yahoo Messanger yang memungkinkan chatdengan suara jika pengguna menggunakan mikrofon dan speaker.
Kekurangan Instant Messaging (IM)
Kurangnya privasi.
Kurangnya standar: kebanyakan produk IM tidak bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
Menghabiskan waktu, apalagi saat Anda sedang sibuk menyelesaikan sesuatu.
FTP- untuk Menyalin
Seluruh File Gratisan yang Anda Inginkan
FTP (File Transfer Protocol) adalah standar perngkat lunak untuk mentransfer file antarkomputer pada sistem operasi yang berbeda. Sebagian situs FTP bersifat terbuka untuk umum (yakni anonymous FTP site), sedangkan yang lain bersifat tertutup. Anda bisa men-download file FTP dengan menggunakan browser atau perangkat lunak khusus (disebut program klien FTP), semisal Fetch & Cute.
FTP (File Transfer Protocol) adalah standar perngkat lunak untuk mentransfer file antarkomputer pada sistem operasi yang berbeda. Sebagian situs FTP bersifat terbuka untuk umum (yakni anonymous FTP site), sedangkan yang lain bersifat tertutup. Anda bisa men-download file FTP dengan menggunakan browser atau perangkat lunak khusus (disebut program klien FTP), semisal Fetch & Cute.
Newsgroup- Diskusi Online via Tulisan
untuk Topik-topik Tertentu
Newsgroup (atau forum) adalah buletin board elektronik raksasa di mana para penggunanya bisa berdiskusi melalui tulisan tentang topik-topik tertentu. Newsgroup bertempat di jaringan komputer tertentu yang disebut Usenet. Untuk berpartisipasi, Anda perlu memiliki newsreader sebuah program yang telah tercakup pada browser sehingga Anda bisa mengakses newsgroup dan membaca atau menuliskan pesan.
Newsgroup (atau forum) adalah buletin board elektronik raksasa di mana para penggunanya bisa berdiskusi melalui tulisan tentang topik-topik tertentu. Newsgroup bertempat di jaringan komputer tertentu yang disebut Usenet. Untuk berpartisipasi, Anda perlu memiliki newsreader sebuah program yang telah tercakup pada browser sehingga Anda bisa mengakses newsgroup dan membaca atau menuliskan pesan.
Litserv: Kelompok Diskusi Berbasis Email
Litserv adalah server milis yang secara otomatis mengirim email kepada para pelanggan yang berpartisipasi dalam topik diskusi. Untuk berlangganan cukup kirimkan email ke moderator list-server dan mintalah untuk menjadi anggota.
Litserv adalah server milis yang secara otomatis mengirim email kepada para pelanggan yang berpartisipasi dalam topik diskusi. Untuk berlangganan cukup kirimkan email ke moderator list-server dan mintalah untuk menjadi anggota.
Real-time Chat: Diskusi via Tulisan
Antarpeserta Online
Pada RTC (Real-Time Chat), para peserta berdiskusi ketika online pada waktu yang sama, seperti halnya percakapan telepon (kecuali bahwa RTC menggunakan tulisan, bukan lisan). RTC biasanya melibatkan banyak peserta sekaligus. Untuk memulai chat, Anda bisa menggunakan jasa yang tersedia di browser, misalnya IRC (Internet Relay Chat) untuk menyambungkan Anda ke server chat.
Pada RTC (Real-Time Chat), para peserta berdiskusi ketika online pada waktu yang sama, seperti halnya percakapan telepon (kecuali bahwa RTC menggunakan tulisan, bukan lisan). RTC biasanya melibatkan banyak peserta sekaligus. Untuk memulai chat, Anda bisa menggunakan jasa yang tersedia di browser, misalnya IRC (Internet Relay Chat) untuk menyambungkan Anda ke server chat.
Net Etiket: Perilaku
yang Pantas Ketika Online
Secara umum, net-etiket memiliki dua aturan dasar:
Secara umum, net-etiket memiliki dua aturan dasar:
1.
Jangan menghabiskan waktu orang lain.
2.
Jangan mengatakan sesuatu kepada orang lain di mana perkataan
tersebut tidak akan Anda sampaikan ketika bertemu langsung di hadapannya.
3.
Ada beberapa aturan khusus net-etiket yang harus Anda pahami:
4.
Kunjungi FAQ (Frequently Asked Questions) atau daftar pertanyaan
yang sering diajukan yang menjelaskan norma-norma perilaku online pada group
tertentu.
5.
Hindari flaming: tulisan pesan online yang menggunakan bahasa
yang tidak sopan, bernada tinggi atau berisi penghinaan.
6.
Jangan BERTERIAK: penggunaan huruf kapital pada semua kata
dianggap sebagai TERIAKAN.
7.
Berhati-hatilah dengan gurauan.
8.
Hindari kecerobohan, tetapi jangan mengkritik kecerobohan orang
lain.
9.
Jangan mengirim file lampiran yang berukuran sangat besar,
kecuali jika diminta.
10.
Ketika membalas email, kutiplah bagian yang benar-benar
diperlukan.
Jangan
“overforward”: jangan meneruskan email kepada teman-teman Anda tanpa memeriksa
kebenaran dan kelayakan isinya lebih dahulu.
Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com
BalasHapusHubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com
Salam
THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya